Wednesday, June 2, 2010

Tips merawat cartridge | Inkjet cartridge

Banyak pengguna printer yang sering mengeluh karena sering bermasalahnya printer yang mereka gunakan. Entah itu tidak mau mencetak, lampu berkedip-kedip, warna cetakan kurang bagus dan lain sebagainya.


Komponen paling penting dari sebuah printer sebenarnya adalah cartridge, makanya harga komponen ini begitu mahal. Aneh, padahal di dalam cartridge hanya berisi busa saja untuk menampung tinta. Kenapa bisa mahal ya?


Memang semua komponen termasuk cartridge memiliki batas pemakaian, namun hal itu juga kembali kepada user bagaimana cara kita merawatnya. Berikut cara merawat cartridge pada printer:


1. Jangan memegang head/bagian penghubung ke printer (warna kuning emas) dengan tangan karena mengandung keringat. Jika terkena cairan keringkan sebelum dipasang untuk menghindari arus pendek.


2. Gunakan kertas yang halus saat mencetak.


3. Jangan biarkan cartridge berada di luar terlalu lama atau tutup bagian penutupnya saat printer selesai digunakan, agar tinta tidak mengering. Jika tidak dipakai dalam jangka lama lebih baik disimpan di dalam plastik yang rapat seperti saat kita membeli cartridge baru.


4. Jika tinta tersumbat, Anda bisa gunakan alat pemanas (seperti: hair dryer) lakukan pemanasan secukupnya pada head lubang tinta, tapi jangan terlalu dekat.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Tips merawat cartridge | Inkjet cartridge"

Post a Comment